Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).
Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.
Macam-Macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer. Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.
COMPUTER SYSTEM ENGINEERING
Merupakan suatu aktifitas pemecahan masalah fungsi sistem yang
diinginkan, ditemukan, dianalisis, dan dialokasikan ke elemenelemen
sistem individu.
Computer system engineering disebut juga Sistem Analis, terdiri
dari 2 bagian, yaitu :
1. Hardware engineering
2. Software engineering
Sistem merupakan sekumpulan elemen yang saling berinteraksi
untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan Computer Based System
diorganisir untuk mendapatkan beberapa metode, prosedur atau
pengontrolan dengan cara mengelola informasi.
Computer System Engineering dimulai dengan :
1. Penetapan tujuan customer
2. Hambatan-hambatan dan representasi fungsi performance yang
dapat dialokasikan ke masing-masing elemen sistem.
Segera setelah fungsi performance, hambatan dan interface
ditetapkan, sistem engineering selanjutnya melakukan pekerjaan
alokasi. Selama pengalokasian fungsi diserahkan kepada satu / lebih
elemen sistem (misalnya software, hardware, people, dll) seringkali
alokasi alternatif diusulkan dan dievaluasi.
Berikut ini adalah kriteria pemilihan konfigurasi sistem berdasarkan
alokasi fungsi dan performance ke elemen sistem :
1. Project Consideration - Pertimbangan Proyek
Dapatkah konfigurasi dihasilkan dengan biaya dan jadwal yang
ditetapkan lebih awal?
2. Business Consideration - Pertimbangan Bisnis
Dapatkah konfigurasi memberikan solusi yang paling
menguntungkan?
Dapatkah dipasarkan dengan sukses? (Pertimbangan ini yang
paling penting).
3. Technical Consideration - Pertimbangan tehnik
Apakah ada tehnologi untuk mengembangkan semua elemen
sistem?
Dapatkah fungsi performance dijamin?
Dapatkah konfigurasi dipelihara dengan cukup baik?
4. Manufacturing Evaluation - Evaluasi Pabrikasi
Apakah fasilitas dan peralatan manufaktur tersedia?
Apakah ada komponen yang diperlukan dengan segera?
Apakah jaminan kualitas dapat dipercaya?
5. Human Issues - Hal-hal yang berhubungan dengan manusia
Apakah tenaga kerja terlatih untuk pengembangan dan
manufaktur tersedia?
Apakah customer mengerti dengan apa yang akan dicapai oleh
sistem?
6. Environmental Interface - Berhubungan dengan lingkungan
Apakah konfigurasi yang diusulkan sudah cukup berhubungan
dengan lingkungan external dari sistem?
Apakah komunikasi mesin ke manusia dan sebaliknya sudah
ditangani dengan baik?
7. Legal Consideration - Pertimbangan hukum
Apakah pertimbangan yang dihasilkan sudah dilindungi oleh
hukum?
Pemodelan Sistem Perangkat Lunak
Pengertian Visual Modeling
● Visual Modeling
– Cara berfikir terhadap permasalahan dengan
menggunakan model-model yang diorganisasikan
serupa dengan ide-ide pada dunia nyata (--Terry
Quatrani)
– Proses pengambilan informasi dari model dan
menampilkannya secara grafis menggunakan
sekumpulan elemen grafik standar (-- Wendy and
Michael Boggs)
● Sebuah model adalah suatu penyederhanaan
dari yang nyata
– Model menyediakan cetak biru dari suatu sistem
Manfaat Visual Modeling
● Memudahkan dalam memahami masalah
– Kita membangun model agar kita dapat memahami
sistem yang kita kembangkan secara lebih baik
– Kita membangun model dari sistem yang komplek
karena kita tidak dapat mengingat suatu sistem
secara keseluruhan
● Mengkomunikasikan dengan setiap orang yang
terlibat dalam proyek
● Memodelkan perusahaan
● Mempersiapkan dokumentasi
● Merancang program dan basis data
Prinsip Pemodelan
● Menurut Grady Booch, James Rumbaugh danIvar Jacobson:
– The choice of what models to create has a profound
influence on how a problem is attacked and how a
solution is shaped.
– Every model may be expressed at different levels of
precision.
– The best models are connected to reality.
– No single model is sufficient. Every nontrivial
system is best approached through a small set of
nearly independent models.
UML (Unified Modeling Language)
● UML adalah bahasa model standar untuk
pengembangan cetak biru perangkat lunak.
● Bahasa model merupakan bahasa yang
memiliki kamus kata dan aturan yang berpusat
pada gambaran konseptual dan fisik dari suatu
sistem
● UML sebagai bahasa model menyatakan
bagaimana membuat dan membaca model
dengan benar, namun tidak menyatakan model
apa yang harus dibuat dan kapan seharusnya
dibuat
0 komentar:
Posting Komentar